Text Widget

Refleksi 3 Tahun Kepemimpinan Firdaus - Ayat Cahyadi, Berpacu Wujudkan Pekanbaru Sebagai Kota Metropolitan yang Madani

PEKANBARU, POSMERANRI - Pekanbaru terus menggeliat dan tumbuh paling ''bombastis'' di daratan Sumatera. Kecepatan pertumbuhan yang fantastik menyebabkan kota ini menjelma menjadi kota metropolitan yang sangat luar biasa dari sektor ekonomi dan pembangunan. Jutaan orang, baik yang bermukim di kota ini maupun hanya sekedar singgah, berharap dan menggantungkan kehidupannya di kota yang dulu bernama Bandar Senapelan itu.

Ya, Pekanbaru kini bukan lagi kota kecil yang hanya menumpukan kehidupannya dari sektor pemerintahan. Tapi kini, Pekanbaru sudah menjelma menjadi kekuatan ekonomi baru di Pulau Sumatera berkat kemudahan perizinan, mendapatkan tenaga kerja, infrastruktur pendukung hingga kemudahan untuk mendukung bisnis ke daerah hinterland yang ada di Riau.

Kini, di era kepemimpinan Firdaus - Ayat Cahyadi, Pekanbaru semakin memantapkan diri sebagai pusat bisnis dan perdagangan dengan ditopang kebudayaan dan kehidupan keagamaan yang harmonis. Berbekal birokrasi yang sejuk, kini Pekanbaru juga siap menju Kota Pekanbaru yang madani.

Saat ini, ekonomi dan infrastruktur di Pekanbaru tumbuh pesat, bahkan pertumbuhan ekonomi Pekanbaru pernah mencapai angka di atas 8 persen, lebih tinggi dari pertumbuhan nasional yang hanya berkisar 6-7 persen. Tentu saja ini adalah satu indikator keberhasilan pembangunan daerah oleh Pemerintah Kota Pekanbaru yang dinakhkodai Firdaus M.T dan Ayat Cahyadi.

Terus menggiatkan persiapan Pekanbaru menjadi kota metropolitan yang madani. Sebuah kota disebut wilayah metropolitan adalah sebuah pusat populasi besar yang terdiri atas satu metropolis besar dan daerah sekitarnya, atau beberapa kota sentral yang saling bertetangga. Satu kota besar atau lebih dapat berperan sebagai hub-nya, dan wilayah metropolitan biasanya diberi nama sesuai dengan kota sentral terbesar atau terpenting di dalamnya. Kota metropolitan biasanya menggabungkan sebuah aglomerasi (daerah pemukiman lanjutan) dengan zona lingkaran urban dan memang dekat dengan pusat perkantoran atau perdagangan.

Zona-zona ini juga dikenal sebagai lingkaran komuter, dan dapat meluas melewati lingkaran urban tergantung definisi yang digunakan. Hal itu telah dilakukan antara lain dengan memperkuat kawasan kerjasama antara daerah kabupaten dan kota yang berbatasan yakni Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Kampar atau lebih dikenal dengan istilah Pekan Sikawan.

Kerjasama telah dilakukan di bidang pendidikan, kesehatan dan pembangunan infrastruktur dengan Bupati Kampar Jefri Nur. Sedangkan dengan Pemerintah Kabupaten Siak dijalin kerjasama bidang transportasi, air bersih dan lainnya.

Secara internal, demi mewujudkan kota yang metropolitan tersebut, Pemerintah Kota Pekanbaru telah menggiatkan pembangunan infrastruktur jalan dimulai dengan pembangunan jalan lingkar luar Pekanbaru atau bagian Selatan Pekanbaru agar menjadi tujuan investasi yang terbaik.

Dapat Predikat Tujuan Investasi Terbaik Indonesia

Kerja keras tersebut telah terbukti dengan diraihnya predikat sebagai kota tujuan investasi terbaik di Indonesia versi majalah Sindo Weekly untuk kesekian kalinya. Penghargaan tersebut diterima Wali Kota Pekanbaru Firdaus ST MT yang diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi yang didampingi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisyahbana dengan Pimpinan MNC Gorup Harry Tanoe Pada 19 Maret 2014 lalu.

Dalam acara Sindo Weekly Government Award 2014, di Sahid Jaya Hotel Jakarta, seperti disampaikan Kabag Humas Pemkot Pekanbaru, Ingot Ahmad bahwa penghargaan ini merupakan bukti keberhasilan usaha dan upaya bersama pemerintah dan masyarakat Kota Pekanbaru dalam mewujudkan Kota Pekanbaru sebagai Kota tujuan investasi yang perspektif.
http://www.goriau.com/assets/imgbank/26012015/firdaus-1j-1759.jpg
Walikota Firdaus mengatakan predikat dan prestasi ini membanggakan bagi pemerintah dan masyarakat Kota Pekanbaru. ''Ini menunjukan bahwa misi Kota Pekanbaru menjadi kota tujuan investasi telah memberikan hasil yang menggembirakan dan semua berkat peran serta masyarakat menciptakan suasana yang kondusif dan aman untuk berinvestasi,'' kata Firdaus.

Firdaus mengatakan, investasi akan membuka lapangan pekerjaan dan peluang-peluang ekonomi lainnya yang dapat ditangkap oleh masyarakat Pekanbaru khususnya dan masyarakat Riau pada umumnya. Makin terbukanya investasi, katanya lagi, maka diharapkan bisa menekan jumlah pengangguran serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

''Semoga prestasi ini dapat bersama-sama dipertahankan dan ditingkatkan untuk masa-masa yang akan datang,'' katanya

Memperkuat Infrastruktur

Untuk mempertahankan predikat sebagai kota tujuan investasi, Pemko Pekanbaru menyadari bahwa infrastruktur adalah pondasi dasar. Oleh Karena itu tahun 2014 Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Pemkot Pekanbaru telah meningkatkan kualitas jalan sepanjang 30,8 km di daerah itu melalui program pemeliharaan lima paket jalan pada 2014.

''Anggaran pada APBD 2014 untuk dinas ini sebesar Rp252 miliar, selain untuk peningkatan jalan, anggaran ini juga untuk belanja langsung dinas ini,'' kata Kepala Dinas Bina Marga dan SDA Kota Pekanbaru, Azmi.

Sebelumnya, Walikota Pekanbaru Firdaus MT juga telah memprogramkan pembangunan empat infrastruktur dasar seperti telekomunikasi, listrik, prasarana jalan dan air bersih untuk mendukung daerah itu sebagai daerah yang menarik untuk berinvestasi.

Menurut Azmi, pemeliharaan jalan yang dilakukan sepanjang tahun 2014 adalah pada lima kawasan yaitu di Jalan Badak Lintas Timur sepanjang 3,6 km, berikutnya Jalan Lintas Timur Batas Kampar 4,2 km, Jalan Sumber Sari Kawasan KIP Tenayan Raya 6,0 km.

Selanjutnya Jalan Siak Lima Okura yang merupakan akses ke Jalan Tol Dumai sepanjang 14 km serta Jalan Kawasan Perkantoran Baru di Tenayan Raya sepanjang 3,0 km.

Kelima paket jalan tersebut, kata Azmi, merupakan proyek reguler tahun jamak hingga akhir tahun 2014.

Dengan terciptanya infrastruktur yang memadai, diharapkan umpan balik dapat terasa dengan adanya pemasukan untuk pendapatan asli daerah. Contoh awalnya jika banyak yang berinvestasi, tentu investor akan mendirikan bangunan fisik yang pastinya akan membayar Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pemko Pekanbaru langsung menangkap peluang ini dengan menargetkan sebesar Rp55 miliar pada tahun 2014 dari restribusi IMB.

Target tersebut dirasa pantas karena penerimaan restribusi IMB tahun 2013 hanya ditargetkan Rp40 miliar tapi akhirnya terlampaui menjadi Rp42 miliar.

Nah ditahun 2014, target itu tercapai juga karena sudah banyak masuk pengajuan pembuatan IMB dari sektor pergudangan, hotel, ruko, pusat perbelanjaan dan perumahan.

Demikian pula akibat berbagai proyek tersebut dapat menampung ribuan tenaga kerja karena pimpinan pusat perbelanjaan dan ruko serta hotel membutuhkan. Bahkan pihaknya banyak menerima pengajuan permohonan IMB dari pengusaha untuk membangun hotel dan perumahan.

Peduli Kemiskinan

Baiknya pertumbuhan ekonomi dan investasi tentu juga tidak harus melupakan kemiskinan yang bagaimanapun tetap membayangi Pekanbaru. Untuk itulah, kepedulian terhadap kemiskinan harus dapat menjadi penyeimbang strata sosial yang ada. Soal ini, Pemko Pekanbaru tidak perlu dipertanyakan komitmennya.

Bukti telah mencatatnya sebagai pemerintah terbaik peduli kemiskinan di seluruh Indonesia pada 2013.

''Islamic Development Bank (IDB) telah memulai menyusun film dokumenter tentang keberhasilan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mengentaskan kemiskinan itu,'' kata Tenaga Kebijakan Publik PNPM Provinsi Riau Rusmani Said.

Menurut Rusmani, film dokumenter yang kini dalam persiapan selesai itu, untuk selanjutnya akan dibagikan oleh IDB ke seluruh pemerintah bupati dan kota se-Indonesia untuk menjadi contoh dalam upaya pengentasan kemiskinan. Upaya pengentasan kemiskinan dilakukan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru, katanya lagi telah menjadi contoh bagi Pemerintah Afrika dan wilayah Indonesi Binaan IDB.

''Daya tarik upaya pengentasan kemiskinan bagi daerah lainnya adalah mengenai visi dan misinya Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mengentaskan kemiskinan yang dikuatkan dengan terbitnya Peraturan Perwako No.37 tahun 2009," katanya.

Perwako tersebut, katanya lagi, bukan hanya sekedar tertulis namun sudah diimplementasikan dengan berbagai program pengentasan kemiskinan. Hal ini dibuktikan, katanya, tingkat pencapaian pengentasan kemiskinan setiap tahun sebanyak 700 sejak tahun 2000 sampai dengan tahun 2011.

Tahun 2009, dan tahun 2013 tercatat pencapaian pengentasan kemiskinan sebanyak 6.000 KK dan mereka sudah meningkat menjadi keluarga berdaya dan sudah mendapat kepercayaan untuk program pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh pihak perbankan.

''Banyak KK miskin yang sudah berdaya mendapat kepercayaan mengakses pinjaman modal usaha dari PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Pekanbaru mulai pinjaman Rp5 juta hingga Rp10 juta per KK,'' katanya.

Atas keberhasilan itu, katanya menambahkan Pemerintah Kota Pekanbaru akan melanjutkan upaya yang sama melalui program pemberdayaan pengentasan kemiskinan berbasis Rukun Warga.
SUMBER : GORIAU.COM
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasPadam