Text Widget

Upah Karyawan Hotel di Meranti di Bawah UMK

POSMERANTI. SELATPANJANG (RP)- Upah minimum kabupaten (UMK) yang telah ditetapkan oleh Dewan Pengupahan sebesar Rp1.510.000 berdasarkan hasil survei bersama BPS, namun belum dipatuhi sejumlah pengusaha termasuk pengusahahotel.

Namun, dalam pelaksanaannya di lapangan masih banyak perusahaan, terutama seluruh hotel di wilayah Kepulauan Meranti masih bandel dan tidak membayar gaji sesuai dengan UMK.


Seperti pengakuan mantan salah satu karyawan hotel di Kota Selatpanjang Tomi, kepada Riau Pos, Senin (17/12) kemarin. Ia menegaskan saat ia bekerja di hotel yang berlokasi di belakang Taman Cik Puan, dia hanya digaji sebesar Rp300 ribu saja. Bahkan kondisi itu diakuinya masih saja terjadi hingga saat ini.

‘’Makanya saya keluar. Padahal pihak manajemen hotel berjanji akan menaikkan gaji sejalan degan peningkatan jumlah tamu. Sementara setelah tamu banyak dan pendapatan hotel meningkat, gaji kami tetap tidak dinaikkan,’’ ungkapnya.

Senada dengan itu, salah seorang karyawan di salah satu hotel yang cukup ternama di Kota Selatpanjang yang enggan disebutkan namanya menyebutkan, gaji yang ia terima masih jauh di bawah UMK yang telah ditetapkan. Ia hanya  mendapat upah sebesar Rp800 ribu per bulannya.

Padahal dia sudah bekerja di hotel tersebut hampir dua tahun. Ia juga mengaku sudah beberapa kali menyampaikan usulan kenaikan gaji kepada pihak manajemen hotel, namun hingga kini belum ada kenaikan upah yang ia terima.

‘’Dengan siapa kami harus mengadu, kami takut di PHK kalau terlalu keras dalam hal ini. Kami sangat berharap ada perhatian dari Pemkab, agar gaji kami bisa disesuaikan dengan UMK yang telah ditetapkan,’’ harapnya.

Sesuai dengan UMK Kepulauan Meranti tahun 2012 lalu, sebesar Rp1.225.000, sedangkan untuk tahun 2013 telah ditetapkan sebesar Rp1.510.000.

‘’Pengesahan UMK tahun 2013 sudah disetujui Bupati. Tinggal di sahkan oleh Gubri saja,’’ ungkap Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Askandar, melalui Kabid Tenaga Kerja Sarifudin Y Kai, Senin (17/12) menjawab Riau Pos, ditemui di ruang kerjanya.(amy)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Catat Ulasan